Sabtu, 12 September 2015

Selamat Wisuda Kakak Yozh

Selamat pagi.....
Selamat Wisuda…

Tahun ini menjadi tahun yang lebih banyak mendatangkan kabar gembira buat kita berdua. Tahun dimana aku dan kamu lulus pada hari yang sama, tahun dimana aku dan kamu diwisuda dan tahun dimana aku dan kamu akan membuktikan bahwa perasaan yang tumbuh diantara kita adalah tulus yang selalu kita doakan agar direstui oleh Tuhan. Semoga semuanya dilancarkan. Amin.


Kekasihku, Andi Yos yang selalu menambahkan nama belakang dirinya dengan Mappangara.

Sesungguhnya aku sedang merasa cemas, karena tak bisa melewati hari wisudamu bersamaku, aku yang tidak ada disampingmu. Maafkan aku, tapi bukankah ini kesepakatan kita kan?? Kita sedang merencanakan tarian besar dalam hidup kita yang akan kita rayakan bulan depan dan kita telah bersepakat agar aku berfokus pada pesta itu. Aku menyetujuinya. Mulai sekarang memang kita harus lebih banyak berhemat dan memikirkan banyak hal, serta segala kemungkinan yang akan kita hadapi berdua. Ya tentu saja berdua.

Mungkin saat ini kamu sedang melewati prosesi sidang terbuka, sedang menyanyikan hymne dan mars universitasmu, sedang mengucapkan janji alumni dan menuju prosesi bersalaman dengar rektor dan dekan di universitasmu,, Selamat. Mungkin kamu tidak menjadi wisudawan terbaik namun aku tahu kau selalu melakukan yang terbaik. Sebelum wisuda kau pernah meminta maaf untuk itu, kau tak bisa menjadi wisudawan terbaik, tapi bagiku tak menjadi masalah, kau tak berhutang kepadaku. Bagiku kau selalu menjadi yang terbaik, walau terkadang aku tak percaya dengan keputusanmu dan butuh waktu untuk meyakinkanku. heeeehehee

Masih ingatkah kamu?, 3 tahun lalu saat aku marah dan mengatakan kamu seorang yang pembohong, kerena saat itu kita telah berjanji untuk berangkat melanjutkan pendidikan bersama-sama dan lulus bersama.  Namun kau melanjutkan pendidikan setahun lebih dulu denganku. Lalu dengan itu aku berencana tak mengantarmu ke bandara apalagi untuk memberikan senyuman padamu sebelum kau berangkat ke Surabaya. Walaupun kamu selalu meyakinkanku akan lulus bersama-sama karena masa studimu yang akan berlangsung lebih lama dari biasanya, tapi aku tetap tak percaya, kau akan lulus lebih dulu atau kau akan jatuh cinta pada perempuan lain disana. Lalu olok-olokan teman-teman kita selalu membuatku percaya bahwa kau akan jatuh cinta beneran.

Setahun kemudian aku menyusulmu, walaupun tidak dalam satu kota, tetapi jarak Malang dan Surabaya menjadi lebih dekat bagi kita. Kita belajar seperti mahasiswa kebanyakan, kita mengejar mimpi-mimpi kita dan benar janjimu tak meleset bahkan lebih hebat dari yang pernah kubayangkan. Tepat di tanggal 25 juni 2015 kita lulus, kita ujian di hari yang sama, di kota yang berbeda. Dan rencana Tuhan memang selalu lebih indah buat kita.
Aku juga pernah memimpikan saat keluar dari ruang ujian, kau akan datang memberiku seikat bunga, dan mengabadikannya lewat foto dengan senyum yang paling bahagia. Namun rencana Tuhan jauh lebih indah. Ternyata doa dan mimpi kita 3 tahun yang lalu yang sedang dikabulkan Tuhan.

Diperjalanan menuju bangku kelulusan pun selalu kita warnai dengan banyak pertengkaran. Aku marah dan kamu akan lebih marah, aku egois dan kamu akan jauh lebih egosi, bahkan aku pernah mengatakan aku tidak mencintaimu lagi lalu kau terdiam dan tak acuh padaku, atau bahkan kita pernah tak saling mengabari selama 5 bulan. Namun semua pertengkaran itu berhasil kita lewati. Sejak awal kita telah memimpikan untuk bersama-sama, walau perjalanan tak selalu lurus dan mulus. Selalu ada kerikil dan jalan berkelok-kelok di perjalanan menuju tujuan kita. Tetapi tetap saja kita bisa melewatinya dan bersama.

Terkadang ada marah diantara kita, namun bukankah kemarahan membuat hati kita sedang berfungsi untuk merasakan kecewa??. Setiap pertengkaran selalu memacu hati kita yang sedang bertumbuh sampai pada titik kita akan menertawai diri kita sendiri yang sedang marah. Entah tertawa karena kelucuan apa.

Walaupun kita tidak melewati prosesi wisuda di tempat yang sama atau di tanggal yang sama dan ada aku dan kamu disana, tetapi kita wisuda di bulan yang sama. Dan selalu ada kata sama yang tersisa diantara kita.

Selamat Wisuda

Semoga kamu menjadi seorang M.Si yang bertanggung jawab, menjadi seorang insan akademik yang bersetia dan jujur. Semoga ini menjadi langkah awalmu membangun bangsa memberi banyak manfaat bagi orang lain dan menjadi khalifah dibumi sesuai tugasmu sebagai manusia.

Hari ini kamu di kukuhkan menjadi seorang yang terpelajar, maka berati kamu mengemban amanah yang semakin besar. Tidak hanya untuk dirimu sendiri, keluargamu, namun juga bangsamu. Kamu harus menjadi poros bagi masyarakat untuk mengembangkan keilmuan dan memajukan peradaban bangsa kita. Aku tahu ini tugas berat, Namun bukankan kita pernah berjanji bersama untuk mewujudkan hal itu, bersama pula dengan teman-teman terpelajar lainnya. Semoga.

Selamat wisuda,  dan aku selalu bangga kepadamu







1 komentar:

  1. :)...Trima ksh byk sygq...meskipun raga ta' tdk ad dsni tpi sy sllu yakin bhwa qt sllu mnyertaiq dlm stiap lngkahq...Trima ksh byk sygq ats wejngan n stiap doaT..Mari kita sukses n bhgia bersama...Bersama dlm satu bahtera rmh tngga..Aamiin...:)

    BalasHapus